Bangkitlah, Blogger Indonesia (Hari Blogger Nasional 2017)


Tanggal 27 Oktober adalah hari besar yang dirayakan oleh para Blogger. Tanggal ini ditetapkan sebagi Hari Blogger Nasional. Kira-kira sejak tahun 2007, Hari Blogger Nasional diperingati oleh para kaum blogger Indonesia. Saya sendiri hari ini setelah bangun tidur mendapat pesan di grup WhatsApp blogger ucapan Selamat hari Blogger Nasional. Sebagai orang yang belajar mengembangkan blog, saya pun mencoba turut meramaikan. Tulisan ini pun menjadi amal usaha saya meramaikan Hari Blogger Nasional.

Riwayatnya begini, pada tanggal 27 Oktober 2007, Menteri Komunikasi dan Informatika saat itu, Muhammad Nuh, mencanangkan sebuah agenda yang mewadahi kepentingan seluruh kaum blogger. Sejak itulah tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. Setiap tahunnya, selalu ada berbagai perayaan dan pesta blogger. Lumrahnya, para blogger akan mengadakan kopi darat (kopdar) Paling tidak, selalu ada gaungnya di media sosial seperti di Facebook dan Twitter. Saya pada tahun-tahun itu belum mengenal tentang dunia Blogger. Maklum, saya sendiri masih berusia belia dan belum melek internet apalagi blog.

Namun, seiring berkembangya waktu, hari Blogger Nasional menurun pamornya. Hari Blogger zaman dahulu kala masih selalu mengadakan kopdar dan meng-update entri terkait Hari Blogger Nasional. Tentunya media sosial zaman baheula belum setenar sekarang. Namun, tren Hari Blogger Nasional menurun saat ini. Karena media sosial sekarang sudah bisa viral, orang-orang mulai meninggalkan trending lama.  Sekarang, tinggal upload di Facebook, Instagram dll, kita sudah turut meramaikan. 


Meskipun tak lagi diramaikan, perayaan Hari  Blogger Nasional tetap akan diingat oleh para blogger. Meskipun tak lagi dirayakan, hari ini adalahsejarah bagi para blogger. Satu hal yang penting dari hari ini adalah esensi dan substansinya hari blogger, tidak sekedar ritual dan seremonial belaka (ngomong opo kuwi?). Bukan sekedar merayakan, namun juga menjaga diri untuk tetap istiqomah ngeblog.

Hari Blogger Nasional bukan hanya ritual belaka, tapi ia adalah motivasi untuk meningkatkan diri. Karena saat ini, blogger bukan hanya sekadar curahat hati, tapi juga ladang usaha dan sarana berbagi. Dengan blogging, kita bisa membagikan pengalaman yang telah kita rasakan, tempat yag telah kita jelajahi, resep masakan yang telah kita coba, atau berbagi perasaan hati lewat tulisan-tulisan indah. Tentunya, kita akan membuat orang lain tahu apa yang sebelumnya belum mereka ketahui dari kita. Nantinya, blog akan menjadi nilai komersial yang menguntungkan.

Selamat Hari Blogger Nasional! Semoga ia menjadi pemicu semangat kita meningkatkan kualitas blog kita. Saya pun masih dan akan selalu belajar dan berusaha meningkatkan blog saya. Karena yang terbaik bisa selalu ditingkatkan. "Even the best can be improved". Bangkitlah blogger, Indonesia!

Posting Komentar

0 Komentar