Mencari Ide dari Blogwalking


Kawan, pasti kalian pernah mengalami masa jenuh dalam nge-blog. Ada saja berbagai alasan yang menghalangi untuk membuat sebuah tulisan baru. Kadang karena sibuk, lelah, sakit, kehilangan ide, dan sebagainya. Kehabisan ide adalah salah satu alasan terbesar berhenti blogging. Biasanya hal itu terjadi saat kita sedang bosan. Jujur saja, saya pun selalu kehabisan ide saat sedang bosan. Selain bosan, malas gerak (mager) juga menjadi faktor utama kehabisan ide.

Segala masalah tapi ada solusinya. Allah tidak akan membuat penyakit kecuali penyakit tersebut ada obatnya. Jika batuk, minumlah OBH! Kalau pegal, oleskan balsem! Ngantuk, tidurlah! Kalau bosan nge-blog? Cobalah cara-cara yang bisa mengembalikan mood seperti jalan-jalan, olahraga dan sebagainya! Kalau kehabisan ide? Carilah ide sampai ketemu! Dari mana kita bisa mendapatkan ide? Banyak jalan menuju Roma. Begitu juga dengan ide ngeblog; banyak pula jalan mencari ide. Membaca, travelling, dan berdiskusi adalah beberapa jalan menuju ide blogging. Selain itu, ada cara lain yang banyak dilakukan blogger. Ada yang tahu? Yap, tepat sekali! Itulah blogwalking.

Baca Juga: Bagaimana Mengembalikan Semangat Blogging? (Menjawab Tantangan Seorang Blogger)

Blogwalking secara harfiah merupakan gabungan dari dua kata, blog dan walking. Blog (singkatan dari weblog) adalah aplikasi web yang menyediakan  informasi berupa tulisan (biasa disebut entri atau posting) dalam sebuah halaman web. Sedangkan kata kedua--yakni walking--kita sudah paham betul artinya, yaitu berjalan. Maka, blogwalking secara literal bermakna berjalan jalan di blog. Secara istilah, blogwalking berarti aktivitas mengunjungi blog-blog orang lain. Blog itu ibarat rumah. Blogwalking bisa kita maksudkan dengan unjung-unjung (bahasa Jawa mengunjungi rumah orang lain, biasanya dilakukan setelah lebaran) ke rumah teman di dunia maya. 

Apa sih manfaat  dari blogwalking? Blogwalking memiliki banyak keuntungan buat kita, lho? Manfaat blogwalking adalah:
  1.  Menambah jaringan. Blogwalking akan membuat kita semakin mengenal teman-teman blogger lainnya. Alhamdulillah, berkat blogwalking, saya bisa berkenalan dengan blogger lain seperti Mas Mukhofas Al Fikri, Faisol Abrori, Mas Irwin Andriyanto dll. 
  2. Meningkatkan reputasi kita sebagai blogger. Dengan blogwalking, kita telah meninggalkan jejak berupa komentar di blog orang. Komentar-komentar tersebut akan melintas di blog penulis. Semakin kita blogwalking, semakin banyak link kita yang masuk ke blog orang lain dan membuat kita semakin mudah dicari.
  3. Menambah ide. Ide bisa kita dapatkan dari mana-mana, lho! Blogwalking adalah salat satu sumber ide kita. Kalau saya bosan atau kehabisan ide, saya biasa berkunjung blog teman-teman. Setelah membaca artikel-artikel hasil blogwalking, saya pun pulang dengan membawa ide baru yang bisa saya tuangkan di blog.
Blogwalking pun ada etikanya agar lebih bermanfaat.
Sebagai blogger, ada baiknya kita paham segala etika blogwalking. Blogwalking--sebagaimana yang saya sebutkan sebelumnya--ibarat bertamu ke rumah orang. Ada etika yang harus kita penuhi saat kita bertamu. Begitu pula dengan blogwalking, ada etika sopan santun yang harus kita taati. Kalau kita menaati aturan yang ada dalam blogwalking, pemilik blog atau tamu lain akan sangat menghormati kita bahkan mereka tak segan akan mengunjungi balik blog kita. Kalau tidak, komentar anda akan dihapus, dan akun anda akan dicap spam. 
Trus, apa aja etika blogwalking? Ini, nih etika dalam blogwalking. Baca baik-baik ya... :
  1. Tinggalkan komentar. Meninggalkan komentar akan membuat penulis merasa bahwa pembaca mampu menilai dan menikmati tulisannya. Selain itu, komentarmu akan membuat trafik blogmu meningkat lewat kunjungan balik si penulis dan kunjungan blogger lain. 
  2. Berkomentar yang sesuai dengan konten. Kita harus profesional dalam berkomentar di Blog. Hindari komentar seperti "nice info" "mantap gan" dsb. Berkomentarlah terkait isi tulisan ini. Syukur alhamdulillah kalau bisa berdiskusi dengan blogger lain lewat komentar.
  3. Boleh cantumkan URL blog, asal diizinkan oleh empunya. Bersyukurlah kalau si penulis menyediakan form untuk kita mengisi URL blog kita. Biasanya, blog berformat WordPress menyediakan ruang untuk pengisian URL di kolom komentar. 
  4. Yang perlu diingat, jangan sekali-kali berkomentar SPAM. Cita cita pengen meningkatkan trafik, malah kandas gara-gara komentar spam. Komentar spam akan langsung terdeteksi mesin pencari kemudian akan dianggap spam. 
Saya memiliki beberapa tips untuk membuat kita semua semangat blogwalking. Pertama, kunjungi blog yang trafiknya tinggi. Blog dengan trafik kunjungan tinggi akan membantu kita untuk meningkatkan Blog kita juga. Kedua, buat daftar blog-blog yang biasa kamu kunjungi, bisa dari blog teman atau blog orang lain yang sudah pernah kita kunjungi. 
Itulah tadi beberapa tips blogwalking. Dengan memahami etika dan caranya, blogwalking kita akan semakin efektif dan menghasilkan. Cukup sekian dari saya. Semoga bermanfaat. 


Posting Komentar

1 Komentar